Pasar Kontemporer Sarijadi Bandung

Pasar Kontemporer Sarijadi Bandung
Pasar Kontemporer Sarijadi Bandung

Pasar Kontemporer Sarijadi Bandung merupakan sebuah pasar tradisional yang diresmikan pada saat kepemimpinan Walikota Ridwan Kamil yang diresmikan pada tahun 2017. Mengusung konsep kontemporer, pasar ini yang awalnya kumuh tidak berbentuk disulap menjadi pasar tradisional yang modern dan tertata dengan rapi. Terdiri dari 3 lantai dimana lantai pertama ditempati jualan sayuran, lantai kedua ditempati jualan pakaian dan percetakan dan lantai ke tiga diisi dengan jualan makanan dan tempat training center.

LOKASI

Lokasi pasar ini berada di Jl. Sariasih Sarijadi keluarahan Sukasari Kota Bandung, berdampingan dengan kampus Politeknik Pos Indonesia. Untuk sarana transportasi tidak ada yang lewat persis ke lokadi ini, tetapi kita bisa akses menggunakan angkutan kota Gerger kalong – Sarijadi, Sarijadi – Ciroyom dan Stasion Hall – Sarijadi. Butuh jalan kaki kurang belih 200 meter ke lokasi dari tempat peberhentian terakhir angkutan kota yang disebutkan diatas.

Bagian Bawah Pasar Sarijadi
Bagian Bawah Pasar Sarijadi

FASILITAS

Beberapa fasilitas yang ada di lingkungan pasar Sarijadi antara lain sebagai berikut:

  1. Parkiran yang luas, baik untuk kendaraan roda dua ataupun kendaraan roda empat.
  2. Tempat Ibadah (Mushola), terdapat mushola kecil yang cukup nyaman terletak diujung kanan lokasi pasar Sarijadi ini.
  3. Cafe, jika kita naik ke lantai 2 akan ditemukan cafe yang buka dari mulai jam 14.00 siang sampai dengan malam. Cocok untuk ngobrol-ngobrol karena view-nya mengarah ke jalan Sarijadi dengan pemandangan hilir mudik kendaraan.
  4. Ruangan Training Center, ada di lantai paling atas yaitu lantai 3 terdapat sebuah ruangan untuk kegiatan training center.
  5. Kios Samsat, jika tidak mau antri bayar kendaraan bermotor anda bisa memanfaatkan kios Samsat di pasar Sarijadi ini yang buka dari jam 09.00 sampai dengan jam 14.00 siang.
  6. Terdapat percetakan di lantai 2, bisa cetak kartunama, spanduk dan sejenisnya.
Training and Learning Center
Training and Learning Center

KONDISI TERKINI

Berdasarkan pengamatan penulis pada bulan agustus 2019, pasar ini terlihat sepi dan pedagang pun terlihat jarang apalagi yang dilantai 2 dan lantai 3. padahal pada awal-awal peresmian tahun 2017 pasar ini berebut untuk memiliki lahan disini. Pada lantai 1 masih ada beberapa pedagang sayur, kelontong dan plastik. Dilantai 2 terdapat satu cafe dan satu tempat percetakan. Dilantai 3 hanya ada 1 pedagang yang awalnya di lantai 3 ini terdapat lebih dari 6 pedagang makanan. Mungkin karena untuk akses ke lantai 3 kita harus berputar mengelilingi lantai (tidak ada akses langsung ke lantai 3).

Kondisi Pasar Sarijadi Lantai 3
Kondisi Pasar Sarijadi Lantai 3

Semoga ada usapan tangan dari PD. Pasar Kota Bandung untuk dapat menggiatkan kembali pasar Kontemporer Sarijadi ini yang awalnya akan menjadi percontohan bagi pasar-pasar tradisional lainnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *