Perumahan Sukaraja Residence 2

Sukaraja Residence 2

Perumahan Sukaraja Residence 2 merupakan perumahan milik pengembang (developer) pribadi yang terletak di Kampung Manglayang RT 01, RW 18, Desa Cihanjuang Rahayu, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat yang sudah berdiri dari tahun 2013. Tema perumahan ini adalah minimalis dengan konsep perumahan cluster dengan hanya beberapa rumah saja, selain itu perumahan ini memiliki akad ‘syariah’ tanpa perantara bank alias proses transaksi dan cicilan (jika mencicil) langsung ke pihak developer. Selain itu pihak pengembang hanya memperbolehkan keluarga yang beragama islam yang boleh membeli rumah di Perumahan tersebut. Suasana di rumahan ini tersasa sejuk karena secara geografis dekat dengan lembang.

Untuk tahap 1 jumlah rumahnya sebanyak 9 unit dan sudah terisi semua, sedangkan untuk tahap 2 ini direncanakan akan membuka kavling sebanyak 13 unit dan baru terbangun dan terisi 2 unit dari yang direncanakan. Adapun harga rumah tahap 2 kurang lebih 600 juta-an dengan spesifikasi rumah 2 lantai, 2 kamar tidur, 2 kamar mandi, 2 ruang tengah, dapur, taman, garasi dan lainnya.

Perumahan Sukaraja Residence 2
Bagian Dalam Perumahan Sukaraja Residence 2 Tahap 1

Fasilitas:

  1. Taman fasilitas umum, terdapat ruang fasilitas umum yang ditumbuhi sayur-sayuran dan buah-buahan untuk dapat dipetik oleh warga perumahan tersebut seperti tomat, kangkung, cabai, sirsak, pisang dan lainnya. Yang menanam dam memelihara adalah warga perumahan itu juga.
  2. Mesjid, lokasi mesjid memang tidak berada di dalam perumahan, tetapi lokasinya menempel persisi di sebelah kanan perumahan dan menyatu dengan warga sekitar.
  3. Pos Keamanan, terdapat palang pintu untuk masuk ke perumahan ini dimana jika siang hari terbuka bebas dan jika malam hari ada penjaga keamanan yang menjaga keadaan perumahan.
  4. Koneksi Internet, sudah ada jalur internet fiber optik dari penyedia Indihome sehingga memudahkan bagi mereka yang ingin berlangganan internet, tv kabel, telepon rumah dan smart home.
  5. Air PDAM, air yang memasuk ke perumahan ini adalah air yang dikelola oleh perusahaan milik desa dengan konsep mirip dengan PDAM yaitu dengan sistem meteran.
  6. Akses Jalan, untuk akses jalan di dalam perumahan bisa masuk 2 mobil sehingga memudahkan untuk hanya sekedar parkie diluar atau hilir mudik kendaraan lainnya. Namun untuk akses dari jalan utama ada penyempitan jalan menuju perumahan ini dengan jarak kurang lebih 100 meter.
Perumahan Sukaraja Residence 2
Bagian Dalam Perumahan Sukaraja Residence 2 Tahap 2

Alamat Perumahan:

Perumahan Sukararaja Residence 2: Kp. Manglayang, RT 01 RW 18, Desa Cihanjuang Rahayu, Kecamatan Parongpong, Desa Cihanjuang Rahayu, Kabupaten Bandung Barat, Kode Pos 40559. Dapat mengikuti peta google (google maps) seperti pada dibawah ini:

Akses Transportasi Umum:

Selain dapat mengikuti kontak Google Maps diatas (jika Anda menggunakan kendaraan pribadi), anda juga dapat menggunakan fasilitas umum untuk sampai ke lokasi ini yaitu dengan menggunakan Angkot warna ungu jurusan Parongpong – Cimahi. Anda dapat turun di Perum Katumiri kemudian jalan kaki sejauh 500 M atau naik ojek (ada pangkalan ojek dipemberhentian angkot) dengan membayar Rp. 5.000 rupiah untuk menuju perumahan Sukaraja Residence 2.

Akses Fasilitas Umum:

Terdapat beberapa fasilitas umum yang dekat dengan Perumahan Sukaraja Residence 2 yaitu

  1. Kampus Sekolah Tinggi Kesehatan STIKES Rajawali, kurang lebih 800 Meter.
  2. Kantor Pemerintahan Kota (Pemkot) Cimahi, kurang lebih 4,5 KM.
  3. Tempat Belanja BORMA, kurang lebih 4 KM.
  4. Wisata Curug Panganten, kurang lebih 1,5 KM.
  5. Wisata Curug Cimahi, kurang lebih 5 KM.
  6. Akses jalan alternatif menuju Lembang lebih cepat

Kekurangan:

Beberapa kekurangan yang menjadi pertimbangan penulis adalah sebagai berikut:

  1. Perumahan ini berada di lokasi patahan lempeng Lembang yang merupakan bagian dari patahan gempa apabila terjadi erupsi gunung tangkuban perahu.
  2. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, bahwa akses ke perumahan ini terdapat penyempitan jalan yang memang kalau terdapat 2 mobil besar bertemu menjadi kendala.
  3. Bagi mereka yang memiliki alergi dingin, tidak disarankan mengambil rumah disini, karena cuaca pagi terasa lebih dingain dari kota bandung pada umumnya.
  4. Kemanan dijaga hanya malam hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *