Perumahan Katumiri Jalan Cihanjuang

Perum Katumiri Jalan Cihanjuang
Pinte Gerbang Utama Perum Katumiri

Berada di daerah yang masih sejuk dan suhu dengan rata-rata dingin, membuat perumahan Katumiri menjadi pilihan tepat untuk tempat hunian. Perumahan Katumiri Jalan Cihanjuang beralamat di Jl. Cihanjuang, Desa Cihanjuang, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Untuk dapat mencapai lokasi ini, dari utama yaitu Jalan Cihanjuang jaraknya kurang lebih 500 meter dengan kontur jalan berkerikil (aspal rusak). Akses jalan yang lebar kurang lebih 6 meter, bahkan jalan di dalam perumahan memiliki 2 jalur yang lebar.

Akses Jalan Perumahan Katumiri
Akses Jalan dan Ringan dengan Pepohanan di sampingnya dalam Perumahan Katumiri

Perumahan ini berdampingan dengan perumahan Sukaraja Residence 2, hanya saja berbeda desa tetapi masih dalam satu kecamatan yaitu Parongpong. Sebagian besar lahan di Perumahan Katumiri ini masih kosong bahkan beberapa wilayang baru diurug (dibuat kavling-kavling). Sebagian yang lain ada juga rumah disewa (vila) dan dijual di beberapa property seperti dijual di website https://www.rumah123.com. Dulunya di dalam perumahan ini terdapat objek wisata alam seperti Flying Fox, area kemping, mini motor cross, naik kuda dan lainnya, sekarang sudah terbengkai.

Tempat Wisata Alam yang Sudah Mulai Rusak (tidak dipakai)

Beberapa bangunan dan tahan milik YKPP KEMHAN dan banyak juga lahan yang digarap oleh warga sekitar untuk ditanami sayur-mayur seperti wortel, tomat dan lainnya.

Beberapa Lahan Ditanami Warga Sekitar Dengan Sayuran

Fasilitas di Perumahan Katumiri:

  1. Terdapat Cafe Teras Brandweer yang terletak di paling ujung kiri bawah Perum katumiri. Pemandangannya sangat indah karena terletak di pinggir jurang mengarah ke curug pengantin.
  2. Objek Wisata Curug Panganten (Air Terjun) yang jaraknya kurang lebih 800 meter keluar dari area perumahan katumiri.
  3. Area joging di dalam perumahan, kalau akhir pekan biasanya banyak orang-orang lari pagi di perumahan ini.
  4. Wisata alam, misalnya kemah atau sekedar menikmati keindahan alam sekitar yang dikelilingi dengan lembah, gunung dan sungai.
  5. Keamanan 24 jam, terdapat petugas keamanan di pintu gerbang utama perum katumiri ini.
  6. Dan banyak lagi yang lainnya
Tempat Reservasi dan Informasi Area Perkemahan yang sudah kosong

Beberapa kekurangan yang penulis lihat sendiri berdasarkan pengalaman bermain ke area ini:

  1. Kemanan, sebagian besar atau bahkan semua rumah sudah menggunakan full tralis (pagar besi). Ini menandakan lingkungan kurang kondusif.
  2. Terdapat akses jalan menuju wilayah lain, yang terbuka 24 jam sehingga perumahan ini tidak disebut perumahan ekslusif.
  3. Disekeliling perumahan masih banyak jalan tikus untuk masuk ke perumahan ini, karena memang masih sedikit rumah yang dibangun. Padahal keberadaan perumahan ini sudah sangat lama ditahun 2000-an.
  4. Jalan rusak, beberapa lokasi jalannya sudah tidak beraspal dan berlubang. Ada juga beberapa meter sudah di beton.

Memang pada jamannya Perumahan Katumiri Jalan Cihanjuang ini pernah menjadi destinasi yang digandrungi baik dari dalam maupun luar kota. Dengan fasilitas outbond yang memiliki banyak arena bermain, salah satunya seperti gambar dibawah ini, tetapi sekarang sudah tinggal kenangan.

Arena Outbond milik Perumahan katumiri (Sumber: Blog Mahfud)

Peta Lokasi Perum Katumiri, Jalan Cihanjuang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *