Pengertian Session di PHP

Session atau dalam bahasa indonesia disebut sesi, pengertian session dapat diartikan sebuah cara menyimpan informasi di PHP di sisi Server.  Session ini adalah sebuah variabel yang dapat digunakan di beberapa halaman, sama seperti sebuah variabel global. Tidak seperti Cookie, yang disimpan di bagian client atau komputer Client. Seperti apa pemanfaatan atau contoh penggunaan session ini? mari kita sedikit bercerita. Sebagai contoh kita membuka halaman Facebook, kemudian login dan sukses masuk ke halaman profile atau beranda kita. Foto dan nama kita ada di halaman pojak kanan atas. Selanjutnya kita pindah ke halaman lain misalnya klik status atau profile orang. Ketika pindah ke halaman lain, kita tidak perlu login lagi, karena sudah ada session yang mengenalinya.

Pengertian session lain di PHP adalah sebuah metode untuk authentifikasi atau mengenali apakah seseorang sengan login ke sistem atau tidak. Seperti yang saya jelaskan pada bagian diatas. Berikut ini script untuk memulai menggunakan Session di PHP

<?php
// memulai session
session_start();
?>
<!DOCTYPE html>
<html>
<body>

<?php
// Set session variables
$_SESSION["warna"] = "merah";
$_SESSION["hewan"] = "kucing";
echo "Session variables telah di set.";
?>

</body>
</html>

Simpan dengan nama dile session.php kemudian kita akan memanggil session tersebut dari halaman lain. Selajutnya kita akan membuat file baru dengan nama panggil.php dengan script seperti gambar di bawah ini.

<?php
session_start();
?>
<!DOCTYPE html>
<html>
<body>

<?php
// Echo session variables that were set on previous page
echo "Favorite color is " . $_SESSION["warna"] . ".<br>";
echo "Favorite animal is " . $_SESSION["hewan"] . ".";
?>

</body>
</html>
Pengertian Session di PHP
Hasil Tampilan Kode di Jalankan

Lebih jelasnya bisa melihat tutorial pada video dibawah ini, dari mulai penjelasan session sampai dengan bagaimana mengimplementasikannya. Bahasan ini merupakan bagian dari kategori bahasa Pemrograman yang akan dikemas dalam bentuk tutorial tulisan di video.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *