Air Terjun Curug Panganten Cihanjuang

Curug Panganten
Air Terjun (Curug) Panganten Cihanjuang

Rekreasi adalah salah satu bagian penting dalam kehidupan untuk proses pengendalian stres dan menyatukan dengan alam. Objek wisata Air Terjun Curug Panganten Cihanjuang merupakan salah satu objek wisata yang menjadi alternatif untuk memanjakan diri dengan alam. Objek wisata ini belum begitu terjamah banyak orang, karena akses jalan yang kurang bagus. Untuk mencapai lokasi ini, kita harus menelusuri jalan setapak, pinggir jurang, jalan menurunn, tanjakan yang tajam dan jembatan kecil.

Jembatan
Jalan dengan jembatan kecil menuju Curug Panganten via Perum Katumiri

Lokasi Curug Panganten ini berdekatan dengan Perumahan Katumiri dengan jarak kurang lebih 800 meter dari perum katumiri. Jika Anda ingin ke lokasi ini, sebaiknya harus dengan orang yang sudah pernah atau dibantu dengan orang sekitar sana, karena tidak ada papan petunjuk jalan. Air Terjun Curug Panganten Cihanjuang dikelola oleh Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH).

Tiket Masuk

Tiket masuk ke objek wisata Curug Panganten ini dikenai biaya Rp. 5.000/orang. Namun petugas terkadang tidak ada ditempat, sehingga orang dapat bebas keluar masuk lokasi objek wisata ini. Tetapi jika hari-hari tertentu, misalnya hari libur nasional maka petugas selalu standby disni.

Tiket Masuk Air Terjun Curug Panganten Cihanjuang
Tiket Masuk ke Objek Wisata Air Terjun (Curug) Panganten Cihanjuang

Menurut Wikipedia, Curug Panganten berada di ketinggian 1050 meter diats permukaan laut (DPL) yang terletak di Desa Padaasih, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat. Curug ini memilki ketinggian air terjun sekitar 50 meter.

Air Terjun Curug Panganten Cihanjuang
Pintu Masuk Menuju Curug Panganten

Legenda Cerita Asal-Usul Curug Panganten

Berdasarkan cerita orang sekiar curug ini memiliki sejarah atau legenda tersendiri, awalnya nama curug ini bernama Curug Manglayang karena dekat dengan kampung manglayang. Namun nama curug berubah sejalan dengan cerita legenda ada sepasang pengantin yang tewas mengenaskan di curug ini. Ada dua versi cerita, yang pertama versi meninggalnya karena jatuh dari atas curug (bunuh diri), dan cerita yang kedua karena banjir sehingga mayatnya ketemu di curug ini.

Air Terjun Curug Panganten Cihanjuang
Indahnya Curug Panganten

Fasilitas

Karena masih jarang pengunjung, maka jangan heran akan ditemui warung untuk sekdar beli makanan ringan atau air mineral. Sebaiknya jika Anda ingin berkunjung ke objek wisata ini, sebaiknya membawa bekal sendiri agar tidak kelaparan di lokasi. Tapi jika tidak sempat, ada satu warung di ujung perum katumiri yang merupakan batas perum katumiri dengan akses jalan setapak menuju lokasi ini. Tetapi  jika hari-hari libur, biasanya akan ada warung dadakan di lokasi. Untuk fasilitas umum, terdapat toilet di lokasi sebelum 100 meter sebelum turun ke lokasi objek wisata.

Akses Ke Lokasi

Untuk mencapai ke lokasi, jika Anda dari arah Kota Bandung, maka dapat masuk melalui jalur Jalan Cihanjuang (via Jalan sariwangi atau cibeureum), kemudian masuk ke Perum Katumiri. Parkir kendaraan bisa dititipakan di petugas keamanan (satpam) katumiri, selanjutnya Anda dapat jalan kaki kurang lebih 800 meter ke lokasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *