Pengalaman Mutasi Masuk Kendaraan Roda Empat di Bandung Barat

Ini adalah cerita saya Pengalaman Mutasi Masuk Kendaraan Roda Empat di Bandung Barat Jawa Barat. Saya melakukan mutasi dalam wilayah Jawa Barat yaitu dari Kota Bandung ke Kabupaten Bandung Barat. Kegiatan cabut berkas sudah saya lakukan sebelumnya di samsat Soekarno Hatta daerah Kawaluyaan. Kegiatan cabut berkas ini memakan waktu kurang lebih 30 hari atau satu bulan.

Adapun hal-hal yang harus disiapkan antar lain sebagai berikut:

  • WAKTU: siapkan waktu 1 hari penuh dari jam 08.00 sd 14.00  
  • UANG: hitung sendiri dulu untuk perkiraan, termasuk biaya diluar yang tertera  
  • DOKUMEN BERKAS: dokumen cabut berkas dan dokumen lainnya  
  • KTP PEMILIK BARU: harus KTP asli  
  • KENDARAAN: harus dihadirkan untuk cek fisik  
  • SURAT KUASA: jika pengurusan menggunakan orang lain (opsional)

Ini Pengalaman Mutasi Masuk Kendaraan yang kedua kalinya, dimana sebelumnya mutasi kendaraan roda dua. Prosesnya hampir sama, hanya saja biayanya yang lebih mahal tentunya. Pengurusan mutasi memang harus di kantor samsat pusat, tidak bisa di kios samsat.

Pengalaman Mutasi Masuk Kendaraan
Lama Waktu Mutasi Masuk

Nah, untuk lebih jelasnya saya telah membuatkan video apa yang harus disiapkan, bagaimana perhitungan biayanya, kemana aja loketnya. Kalau mengurus sendiri memang lumayan menguras waktu dan tenaga, tetapi lebih murah. Silahkan bisa dilihat di link youtube ini: https://youtu.be/yLOjFoymoYI

Sebaiknya datang lebih pagi, untuk menghindari antrian yang panjang. Oh iya jika ingin murah, bisa menunggu program pemutihan yang ada tiap akhir tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published.