Desa Cihanjuang Parongpong Bandung Barat

Desa Cihanjuang Parongpong Bandung Barat adalah desa perbatasan sebelah barat antara Kota Cimahi dengan Kabupaten Bandung Barat. Desa ini selalu saya lalui hampir tiap hari karena keberadaanya yang memang menjadi jalur untuk aktivitas saya baik ke tempat kerja atau ke arah kota. Jalan utama di desa itu tergolong baik karena sudah dibeton dan dilapisi aspal, tetapi yang kurang adalah saluran pembuangan air di pinggir jalan yang kecil. Kalau hujan turun lebat, pasti akan banyak sampah keluar dan air meleber keluar dari jalan.

Desa Cihanjuang Parongpong Bandung Barat
Desa Cihanjuang Parongpong Bandung Barat

Sejarah Desa Cihanjuang

Pada awal tahun 1980, Cihanjuang dikenal sebagai sentra penghasil kebun dan pertanian yang dapat mensuplai bukan hanya daerah Bandung saja tetapi, Jakarta dan daerah perbatasan Jawa Tengah. Hasil pertanian tersebut adalah palawija, sayur mayur, padi dan buah-buahan selain peternakan sapi dan kambing. Nama Cihanjuang diambil dari “Ci”, yang berarti “Cai” (air dalam bahasa Sunda), dan “Hanjuang”, pohon yang banyak tumbuh di Cihanjuang [2].

Menurut halaman website resminya, Desa Cihanjuang Rahayu memiliki visi dan misi sebagai berikut [1]:

Visi “DESA CIHANJUANG MENUJU DESA MAJU, MANDIRI DAN BERWIBAWA”

Misi

  1. Mewujudkan masyarakat yang Taqwa Kepada Tuhan yang Maha Esa.
  2. Terwujudnya Masyarakat Desa Cihanjuang yang aman, tertib, damai, sehat sejahtera, religious sebagai wujud nyata pembangunan manusia Indonesia yang sesungguhnya.
  3. Meningkatkan pelayanan Kepada Masyarakat secara profesional.
  4. Memberdayakan perekonomian Masyarakat.
  5. Menciptakan masyarakat yang cinta damai.
  6. Menyelenggarakan pemerintahan Desa yang efisien, efektif dan bersih.
  7. Menciptakan rasa aman, tentram dan suasana kehidupan Desa yang demokratis dan agamis.
  8. Membuka generasi muda melalui olahraga, seni dan budaya.

Alamat Desa Cihanjuang

Jalan Cihanjuang KM. 243 A, Desa Cihanjuang, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Kode Pos 40559. Lokasinya tepat dipinggir jalan utama jalan Cihajuang arah ke Parongpong, dekat dengan Mesjid Jamie Arrohmah.

Profil Desa Cihanjuang

Desa Cihanjuang memiliki luas wilayah 410 Ha, dengan jumlah penduduk kurang lebih 18.000 jiwa (tahun 2014) [3]. Saat ini (tahun 2019) kepala desa di Jabat oleh Bapak Gagan Wirahma dan Sekretaris desa dijabat oleh Aep Gojali ST sampai dengan masa jabatan Oktober 2019. Selanjutnya akan ada pemilihan kepala desa serentak. Beberapa fasilitas yang ada di Kantor Desa Cihanjuang adalah salah satunya Gedung Olah Raga (GOR) yang bisa dimanfaatkan untuk olah raga dan juga kegiatan-kegiatan desa, seperti pelatihan dan lainnya.

Potensi Desa

Desa Cihanjuang dulunya adalah penyumbang beras untuk warganya, tetapi semakin maraknya pembangunan perumahan, sehingga lambat laun lahan berubah menjadi beton. Namun demikian, potensi desa Cihanjuang tetap masih diandalkan dari Sayuran, Palawija, dan Bunga potong yang tersebar membentang ke arah parongpong.

Referensi:
[1] Official Website Desa Cihanjuang http://cihanjuang.sideka.id
[2] Wikipedia https://id.wikipedia.org/wiki/Cihanjuang,_Parongpong,_Bandung_Barat
[3] Repository UPI http://repository.upi.edu/7049
Dan Berbagai Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *