Cara Membuat Komentar di Microsoft Word

Microsoft Word

Aplikasi Microsoft Word adalah salah satu aplikasi pengolah kata yang populer saat ini.  Pada tutorial kali ini kita akan membahas bagaimana cara membuat komentar di Microsoft Word dan bagaimana membalas komentar tersebut. Komentar ini biasaya digunakan untuk memberikan komentar/saran pada bagian-bagian tertentu pada dokumen kita agar ditindaklanjuti. Komentar tersebut juga dapat dibalas sehingga si pemberi komentar dapat membaca dan juga dapat memberikan balasan komentar lagi.

Saya sendiri menggunakan fasilitas ini untuk memberikan catatan atau review kepada beberapa mahasiswa dan rekan kerja dalam memeriksa hasil pekerjaan atau tugas yang dikerjakannya. Dalam penjalasan ini, saya menggunakan Micrososft Office versi 2016, tetapi penjelasan ini bisa digunakan untuk veri-versi sebelumnya atau sedudahnya.

Cara Membuat Komentar di Microsoft Word

Berikut Cara Membuat Komentar:

  1. Buka file Ms-Word atau file Microsoft Word yang akan diberikan komentar.
  2. Setelah terbuka, pilih menu Review di Menu Bar.
  3. Blok tulisan/kata/paragraf/objek yang akan diberik komentar, lalu klik menu New Comment pada Group Menu Review. Seperti pada gambar dibawah ini. Setelah itu akan mucul tulisan disebelah kanan. Tuliskan komentar Anda disitu.
Cara Membuat Komentar di Microsoft Word
Cara Membuat Komentar di Microsoft Word

Jangan lupa untuk menyimpan pekerjaan penambahan komentar yang sudah ditambahkan. Kita bisa menambahkan beberapa komentar dalam sebuah dokumen sesuai dengan kebutuhan. Biasanya setelah diberikan komentar maka kita akan mengirimkan lagi ke orang yang mengirimkan file tersebut (pengirim) untuk ditindaklanjuti.

Berikut Cara Membalas Komentarnya:

  1. Buka file Microsoft Word yang memiliki komentar (supaya bisa diberikan balasan komentarnya).
  2. Jika tidak tampil komentar di sebelah kanan, maka pilih menu Review, kemudian pilih Show Comments untuk menampilkan komentar. Jika tidak ada juga, berarti memang tidak ada komentar di dokumen tersebut.
  3. Pilih komentar yang akan dibalas, kemudian klik icon kertas pada bagian komentar sebelah kanan atas (diberi tanda pada gambar dibawah), kemudian tuliskan balasan komentarnya.
Balas Komentar
Balas Komentar

Dengan menggunakan sistem Review/Comment pada dokument kita, maka bisa menjadi bukti bahwa kita sudah melakukan korespondensi (diskusi) secara terintegrasi dalam sebuah file. Mungkin bisa saja via Telepon, WhatsApp, Email, dll. Tetapi buktinya harus terlampir, kalau dengan Fitur Komentar ini, maka sudah termasuk di dalamnya.

Berikut video Bagaimana membuat komentar dan membalas komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *